Senin, 18 Agustus 2014

Keanehan Penduduk Indonesia..

Indonesia dan segala yang ada di dalemannya, eh dalemnya..
Keindahannya, keanekaragaman suku, bahasa, dan adatnya, keaslian budayanya yang masih terjaga, dan sejarah panjangnya. Eh ada lagi, keanehan-keanehan masyarakatnya..
kenapa aneh ? ini yang mau kubahas di posting kali ini. ini bahas soal keluhan-keluhan mainstream masyarakat Indonesia yang munkin udah sering banget kita denger atau ngga jarang kita sendiri bahkan yang ngeluh. 

1. NGELUH MACET, TAPI MASIH PAKE MOBIL PRIBADI


#udahbiasa, ini yang jadi penghuni  top chart keluhan penduduk Bumi bagian Indonesia. Ngga cuma di Jakarta aja, sekarang di Surabaya juga udah mulai (bukannya udah dari dulu ya), ya gitulah, dan yang paling tuh biasanya pas masuk jam-jam pulang kantor. Masih aja ngeluh soal macet di jalan, terus usaha pemerintah buat nanggulangin kemacetan gimana ?, kebanyakan tanya gitu. lah itu ada bus dalam kota, bus way (kalau di Jakarta), dan masih ada banyak transportasi umum yang bisa digunain buat ngurangin macet, tapi ya emang sih terkadang perawatannya kurang, tapi bukan berarti itu mutlak kesalahan pemerintah aja, toh, kita juga wajib ikut ngerawatnya juga.

2. NGELUH BANJIR, TAPI SUNGAI TETEP JADI TEMPAT SAMPAH FAVORIT



biasanya yang ngeluh soal ginian orang-orang Jabodetabek, soalnya setiap ada berita banjir dikit pasti daerah-daerah situ aja yang jadi terkenal. Kalau banjirnya berjamaah biasanya di daerah selaen situ air masih semata kaki, eh di Jakarta udah ngerendem Monas (lebay). Bahkan kalau ngga salah di Kepulauan Seribu ada pulau sampah yang sumbernya dari Jakarta, bisa hebat gitu ya, kenapa ngga sekalian buang sampah dilaut terus, biar bisa nyambungin Jawa Sumatra pake sampah jadi udah ngga pake jembatan lagi kan udah mainstream banget tuh. (don't try this).

3. NGELUH HUKUM LEMAH, PADAHAL SELALU NYARI CELAH BUAT NGELANGGAR




Tuh gambar diatas udah ngewakilin contoh simpel gimana masyarakat kita ngelanggar hukum itu sendiri. Dulu pernah ada berita kalau nenek-nenek ngambil ranting jatuh di pekarangan tetangganya udah masuk penjara, sedangkan yang korupsi duit negara malah asyik liat tenis di Bali, gitu udah banyak komentar kalau hukum Indonesia ngga jalan, dan cuma nguntungin kaum atas aja. Udah deh sebaiknya ngga usah ngurus yang ketinggian, ngaca dulu apa kita udah jadi penduduk yang patuh sama hukum itu sendiri. Contoh simpelnya, waktu dijalan sering banget ngelanggar lalu lintas, sengaja salah jalur biar lebih deket, ngga pake helm biar keliatan keren. Ya alhasil kena tilang juga, gitupun pas disuruh sidang buat ngambil STNKnya, kita sering ngeluarin mantra dan minta bantuan I Gusti Ngurah Rai, ngga jarang sih Bung Karno sama Bung Hatta juga biar STNK kita ngga ditahan (curcol). Pasal berapa di hukum negara yang bacanya kita bisa nyogok polisi ?

4. NGELUH HARGA NAIK, TAPI KALAU BELANJA NGGA KARUAN


Fenomena ini biasanya terjadi sama kaum hawa khususnya ibu-ibu kalau udah mau masuk bulan puasa atau lebaran. Biasanya kalau acara TV bahas soal kenaikan harga bahan pokok, biasanya sih daging, telur, minyak goreng, dan sespesiesnya, tuh ibu-ibu yang diwawancarai dengan semangat yang menggebu-gebu bilang kalau keberatan, tapi coba liat pas mulai H-7 lebaran, hampir ngga ada toko baju yang kosong. Daging naik 200 perak udah bikin semuanya shuffle, tapi kalau baju mau naik 2 juta pun dijabanin. *facepalm.

5. GAJI PAS-PASAN, TAPI KREDIT BARANG MAHAL-MAHAL

Kalau soal ginian biasanya sih cuma nurutin lifestyle doang. Dengan makin majunya teknologi dan transportasi, biasanya kita  ngga pernah mikir panjang, asal bisa kaya' temen-temen kita bela-belain ngabisin uang cuma demi gengsi. Parahnya buat anak-anak, para remajayang mina barang-barang mewah demi gengsinya di sekolah atau kampus masih minta uang orang tua tanpa peduli gimana keadaan orang tuanya hm.. (tobatlah anak muda)

6. NGELUH BBM MAHAL, TAPI TETEP AJA KEBUT-KEBUTAN & MUTER-MUTER NGGA JELAS


sebagian anak muda yang ngeluh BBM naik biasanya kalau ngga anak kos ya anak motor, kenapa gitu ? liat aja kalau anak kos ngga ada kerjaan dikit, udah deh jalan-jalan tanpa arah dan tujuan muter-muter kata' gasing. Ntar kalau duitnya abis buat beli bensin, nyalahin pemerintah, "harga bensin ngga peka banget sih sam dompet anak kos!!!". belum lagi yang udah nyandang status ganda campuran (pacaran) yang kerjaannya tiap hari jalan-jalan terus, ya biasanya sih cowok ngga bakala ngeluh di depan ceweknya, tapi yang jadi sasaran keluhan itu ya temen-temennya sendiri (curcol again). Ada juga anak motor, yang biasanya cuma bisa ngeluh juga tapi ya gitu, bensin yang dibeli cuma buat ngetes motornya dijalan, ya kalau musuhnya Rossi atau Marquez lah ini musuhnya kalau ngga polisi ya warga yang siap siaga ngelempar batu karena bisingnya knalpot mereka.

7. NGELUH COWOK OTAKNYA PADA MESUM, TAPI BAJU MINIMALIS TETEP NOMER SATU

*hayo kirain gambar apaan ?

Ini pastinya khusus kaum hawa. Ngga jarang mereka risih kalau diliatin cowok-cowok dengan tatapan tajam, tapi anehnya mereka ngga pernah sadar kalau yang ngundang tatapan tajam itu adalah apa yang mereka pake. Tangtop, rok mini dan apalah itu namanya pokoknya tuh baju serba belum jadi, terus dipake, udah deh jalan ke tempat rame tanpa dosa gitu, kalau ada cowok yang nyiul-nyiul katanya cowoknya yang salah. hm.. *facepalm. Udah deh coba berubah, cewek didunia ini semuanya diciptaiin cantik tapi lebih cantik lagi kalau pake jilbab (bukan Jilboob). Selain kewajiban (buat yang muslim), itu juga bisa jadi nilai plus buat siapa aja yang mantengin kalian, dan kalian akan lebih disegani dimata cowok.

ya itulah sebagian keluhan mainstream yang ada di negara yang belum lama ini ngerayain ulang tahunnya yang ke 69 ini. Sebaiknya ngga usah nyalahin orang lain dulu, lebih baik ngaca dulu (tapi ngga usah pake acara make up), apakah kita udah bener ?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar