Sabtu, 16 Agustus 2014

Dirgahayu Indonesiaku..

Indonesia tanah airku
 Tanah tumpah darahku
 Disanalah aku berdiriJadi pandu ibuku 
Indonesia kebangsaanku
 Bangsa dan Tanah Airku
 Marilah kita berseru 
Indonesia bersatu
Hiduplah tanahkuHiduplah negriku 
Bangsaku Rakyatku semuanya
 Bangunlah jiwanya
 Bangunlah badannya
 Untuk Indonesia Raya
Indonesia Raya
 Merdeka Merdeka
 Tanahku negriku yang kucinta
Indonesia Raya
 Merdeka Merdeka
 Hiduplah Indonesia Raya
Indonesia Raya 
Merdeka Merdeka
 Tanahku negriku yang kucinta
Indonesia Raya 
Merdeka Merdeka
 Hiduplah Indonesia Raya..

     ngga kerasa indonesia udah masuk usia engkong-engkong. 69 tahun bukan lagi usia yang muda tapi cukup matang buat terus berkembang, biar ngga melulu dijajah sama negara tetangga terus. Apa ngga bosen sama berita perebutan pulau perbatasan sama tetangga sebelah. Padahal negaranya cuma seukuran jarinya Pulau Kalimantan , tapi kita udah kalah banyak dari mereka, mulai dari teknologi, fasilitas kesehatan, pelayanan masyarakatnya, terlebih SDMnya. Kapan kita bisa punya pembantu dari luar negeri kaya' mereka yang selalu import tenaga kerja dari kita. Sekali-sekali kek di rumah ada pembantu tapi ngomongnya bahasa Inggris (kan keren). Sampe kapan kita harus ngeksport TKI yang ujung-ujungnya pulang babak belur, kalau ngga gitu pulang tinggal nama doang. 
       Bukannya niat ngebangga-banggain negara lain, seenggaknya cuma compare aja dan kalau emang itu bisa bikin negara kita lebih maju, ngga ada salahnya kok buat niru. Besarnya angka TKI yang dieksport aja udah ngebuktiin betapa kurangnya lapangan kerja di negeri sendiri, padahal kalau pinter nyari cela dan berani buat buka lapangan kerja sendiri, bukan ngga mungkin kalau impian kita buat punya pembantu turis bakal kewujud.
     Kaya' kata Bung Karno..


dulu Bung Karno cuma butuh 10 orang pemuda buat ngeguncang dunia tapi sekarang kalau ngumpulin 10 orang pemuda, kalau ngga jadi boyband, penonton lalala yeyeye (ngertilah), kalau ngga gitu ya dijadiin serigala. Rasa pengorbanan buat negara sendiri keliatan makin rontok seiring serangan budaya luar yang sebenernya ngga Indonesia banget, emang sekarang kita udah merdeka tapi sadar ngga kalau masih ada penjajahan dalam kemerdekaan ini. mulai dari film kartun anak yang diganti sama budaya tetangga, musik, cara berpakaian, dan sebenernya masih banyak sih (tapi lupa). Kapan kita bisa bangga dan numbuhin rasa cinta sama negara sendiri tanpa harus nunggu event 17 Agustus dulu?
     Ada satu hal lagi (menurutku), yang bikin Indonesia ngga bisa move on dari posisi negara berkembang ke negara maju. Kurangnya apresiasi masyarakat Indonesia sama kreasinya sendiri. Ada beberapa contoh simpel sih, kaya' film "upin & ipin" mereka tenar banget di Indonesia padahal itu kan jelas banget pake budaya tetangga, dan asal tahu aja (kalau ngga salah) animatornya tuh orang Malang, Jawa Timur. Kenapa ngga bikin film animasi yang Indonesia banget, terus masukin unsur permainan-permainan tradisional Indonesia didalemnya. Gitukan lebih bisa diterima sama anak-anak Indonesia dan ngeliatnyapun ngga harus liat subtitle dulu. Andai apresiasi lebih dari masyarakat buat para animator itu, pasti mereka ngga bakalan deh jauh-jauh renang ke negeri orang. Apa ngga kasian liat Unyil melulu, yang sebenernya dia pengen nerusin pendidikannya ke SMP tapi dia rela tetep jadi anak SD abadi demi ngehibur anak-anak Indonesia *iba ngeliat unyil. Dan pandangan aneh ke pemuda pecinta musik dagdut, dan mereka lebih mengagungkan musik-musik K-Popnya. padahal kan kata Project Pop "Dagdut is the music of my country" bukannya K-Pop..

Okelah, selamat 17 Agustus yang ke 69 buat Indonesia. moga semakin maju dan jaya selalu.
amin..
*pukpuk buat Unyil

MERDEKA !!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar