Jumat, 22 Agustus 2014

Hewan Dan Bagaimana Kita Bersyukur...

    Posting kali ini aku mau tobat bentar, hehehe. Kali ini mau bahas postingan yang rada serius tapi tetep nyantai kaya' biasanya. Kali ini bahas gimana kita menghargai hewan, mau berbagi dengan mereka, dan gimana kita bersyukur atas rezeki yang udah diberikan Allah ke kita.
    Sebenernya mau posting ini dari dulu, dapet inspirasi dari seekor ibu kucing yang ngeong-ngeong ke aku dan temen-temen pas lagi makan deket kampus. Disitu, yang kesisa di piringku cuma tinggal sedikit daging yang masih ada tepungnya (ayam tepung) sama tulang, ya mau gimana lagi yang kesisa cuma itu akhirnya ku kasihin tuh ke mama kucing. Sambil nunggu temen-temen selesai makan, kuliatin terus tuh kucing makan, tapi anehnya yang dimakan kok cuma tepungnya doang ?. Pas tepungnya abis dan tinggal sisa daging tadi, dia lari ke bawah mobil sambil bawa tuh daging. Ternyata dibawah mabil itu udah ada anaknya yang ngeong-ngeong kelaperan.
     Disitu aku sadar, gimana pengorbanan orang tua ke anaknya yang terkadang cuma bisa ngerengek dan selalu minta tapi ngga peduli gimana orang tuanya gimana, tapi ya gitu yang namanya orag tua selalu berkorban demi anaknya, biar anaknya tumbuh, dan bisa melebihi mereka (orang tua). Mereka selalu kerja keras buat anaknya, tanpa sedikitpun ngeluh capek didepan anaknya, cuma buat  bikin anaknya ngga kepikiran dan tetep fokus sama tujuan hidupnya. Dan disitu aku ngerti gimana leganya, gimana damainya berbagi ke orang lain, ataupun ke makhluk lain ciptaannya.


Kadangkala Allah mengirim kucing, hanya untuk menguji kita semata.
apakah kita sayang atau tidak dengan rezeki Allah..
kerena dia tak minta ikan yang baru digoreng..
dia tak minta piring bagus untuk tempatnya makan..
dia tak minta air untuk mencuci tangan..
dia tak minta tisu untuk mengelap mulutnya..
dia hanya minta sisa makanan kita yang tidak habis..
tapi terkadang kita tak pernah menghiraukannya..

   Selain dapet pelajaran berbagi dan keikhlasan dari pengorbanan dari kucing. Ada pelajaran lain yang yang bisa kuambil dari hewan, kali ini dari musang. Singkat cerita kemaren pas ada komunitas musang yang kunjung ke kampus, ngeliat pemilik sama musangnya yang deket banget sampe ada yang ngga mau lepas dari pemiliknya. Adem banget pas ngeliatnya, selain keren melihara musang, liat musangnya keliatan bahagia banget kaya'nya.
    Ya, meskipun udah jelas beda spesies, tapi kita udah diwajibin buat ngejaga mereka dan nyayangin mereka.


mereka punya keluarga, mereka mungkin seekor anak yang masih butuh suapan dari induknya
atau seekor induk yang sedang mencarikan makanan untuk anaknya..
tapi kita tak tahu dan mengambilnya secara paksa dari alam..
 hanya karenan nafsu kita..
dan pernahkah kita berfikir kalau mereka sendirian..
bayangkan jika kita jauh dari suasana hangatnya keluarga..
mungkin itu yang mereka rasakan..
terkadang kita hanya menganggap mereka sebagai peliharaan semata..
hanya memberi makan dan kandang saja, kita pikir itu cukup..
pernahkah kita menganggap mereka bagian dari keluarga..
karena mereka sudah kita jauhkan dari keluarganya..
dan mereka hanya punya kita disini, untuk merawat dan menyayanginya..

   Mungkin itu sedikit dari banyak pelajaran yang bisa kuambil dari 2 hewan itu. Allah memberikan kita pelajaran bukan hanya dari guru, dosen atau manusia lain, terkadang Allah mengirim seekor hewan untuk kita belajar, menghargai dan lebih menghagai rezekinya..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar