Jumat, 08 Agustus 2014

Indahnya Masa Lalu..


Yap.. indahnya masa lalu, eh tapi jangan disalah artiin dulu. Masa lalu disini bukan berarti mahluk dari masa lampau maksudnya bukan Flintstone si manusia gua ataupun mantan pacar. Masa lalu disini maksudnya itu masa waktu aku masih kecil, masih unyu *ngaca woy..
awalnya iseng-iseng ngga ada kerjaan pas liburan, akhirnya buka youtube liat MV (Music Video), dan ngga sengaja sengaja ngeklik MV karyanya bang Eka Gustiawan, awalnya cuma buka MV yang musiknya diplesetin khasnya bang Eka, sampe penasaran ada MV judulnya Mashup, kirain cuma kue lebaran aja yang dimashup. Didenger-dengerin terus, eh malah kecanduan dan rasanya nostalgia sama musik dari film kartun tahun 90 sampe 2000an dulu. Rentetan film kartun yang selalu tiap pagi diputer di TV hampir barengan lagi, yang ngebuat hari minggu jadi males kemana-mana dan seengganya bikin orang tua jadi tenang karena anaknya ngga main keluar rumah pas liburan.
tapi kemana para kartun legenda itu pergi ?, apa udah diusir sama para srigala ?
sampe heran sama anak kecil sekarang, ya emang sih ngga bisa dipungkiri kalau semuanya ngikutin kemajuan zaman, tapi ya ngga semaju kaya' sekarang, kalau main bola sih offside
Percaya ngga percaya, pas lagi jalan-jalan di satu mal di Surabaya, waktu itu aku sama temenku masuk lift barengan sama 3 cewek SD kelas 4. Hebatnya, tuh 3 cewek imut nan mungil udah pada bawa HP BB dan yang bikin nganga yang dibahas tuh soal pacar salah satu dari mereka dan yang satunya bahas selingkuhan-selingkuhan apalah namanya, masih inget banget waktu itu.

dan akupun cuma bisa facepalm..

mungkin ini salah satu efek hilangnya mereka (para kartun hari minggu). Dulu anak-anak yang seangkatanku mungkin masih ngarep barang-barang dari kantongnya Doraemon, ngerep punya baling-baling bambu biar bisa terbang, ngarep punya peliharaan kaya' Digimon yang bisa diajakin curhat pas galau (eh dulu belum lahir galau-galauan). Nah coba liat aja apa yang terjadi sekarang ke anak-anak penerus bangsa itu. hmm.. (aku yakin ngga semuanya), sekarang malah berebutan pengen digigit vampir biar bisa jadi vampir terus bisa jalan cepet kaya' orang kebelet, digigit nyamuk aja nangis malah minta aneh-aneh digigit vampir, yang ada malah "bye" ntar. Kaya' gini salah satu penyebabnya ya kurangnya tontonan anak kecil sekarang, di TV udah pada diganti sama FTV-FTV khayalan yang endingnya udah bisa ditebak dari judulnya, belum lagi serangan film-film kolosal dari negaranya Syah Rukh Khan yang akhir-akhir ini udah dateng satu demi satu. Dan yang bikin double facepalm pernah aku liat iklan di TV "ikan terbang", bener ada film kartun baru tapi ya gitu pas ngeliat jam tayangnya, ditayangin jam 3 pagi, mungkin tuh mau ngasih tontonan buat anak tuyul kali ya.
Ngga disitu aja, ada lagi penyebab yang bikin kelakuan anak kecil abab 21 di Indonesia jadi aneh, dari segi musik. Dulu aja yang jadi Top Chart musik buat angkatanku, kalau ngga balonku, pelangi, naik delman, kalau ngga burung kakak tua. Nah sekarang, tetanggaku umur 2 hari udah hafal lagu "lumpuhkan ingatanku" *lebay.. Menjamurnya boyband-girlband cilik yang lirik lagunya 98% ada unsur cinta, selingkuh, galau udah ngga bakal jauh dari situ. Efeknya, pas liat orang jatuh bukannya malah bantu bangunin malah diketawain sambil bilang "Eeeaaa" *Triple Facepalm
hmm heran sama KPI (Komisi Penyiaran Indonesia), rokok, belahan dada cewek, paha, kekerasan udah pada disensor, tapi kenapa para srigala tetep aja berkeliaran ?, apa kartun dulu juga kena sensor juga, jadi mereka ngebiarin para srigala itu tetep bebas dan ngeracunin para harapan bangsa.


sekarang yang terjadi malah..
yang seumuran sama aku kebanyakan liat : Anime Jepang, Kamen Rider, kalau ngga gitu film-film galau (buat yang terakhir sih masih masuk akal lah)
yang seumuran TK sampe SMP tontonannya : sinetron vampir yang ngaku srigala, FTV-FTV alay, film kartunnya biasanya kartun barbie yang ceritanya ngga jauh sama cinta-cintaan gitu.
ya mau digimanain lagi udah terlanjur. pinter-pinter kita aja yang jadi kakak atau orang tua buat milihin tontonan yang pas buat adek-adek kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar