Jumat, 19 Juli 2013

(InfoVet) Peran Hewan Peliharaan Pada Kesehatan..


Hewan peliharaan gak hanya buat disayang, tapi beberapa jenis hewan peliharaan juga bisa jadi obat buat terapi beberapa gangguan kesehatan pemiliknya.

salah satunya.. 
Anjing (kalau yang bilang ini ular berarti anda perlu diterapi)

Anjing adalah salah satu hewan yang cenderung bisa diajak berkomunikasi, anjing juga jadi hewan favorit buat membantu terapi komunikasi anak-anak yang ngidap autisme. Hal ini dikarenakan volume otak anjing yang memngkinkan anjing gampang buat dilatih & bertambahnya usia, bertambah juga memori yang bisa direkam anjing (kalau kamu ? :P )..
Nggak hanya buat terapi anak-anak autisme, hewan peliharaan seperti anjing & kucing juga bisa bantu buat nurunin tekanan darah (tuh yang suka marah-marah gak jelas, LISTEN UP !)..
ini karena sifat bawaan anjing & kucing yang cenderung manja dan suka dibelai (tapi bukan jablai loh). Dengan membelai hewan peliharaan, secara otomatis bisa menekan rasa stres & meningkatkan rasa rileks. Santai bareng hewan peliharaan juga bisa memberi rasa gembira.
Tapi itu cuma berlaku buat orang yang suka sama hewan atau gak punya phobia, jangan coba-coba buat maksain terapi ini ke orang yang punya phobia, karena itu malah bikin orang itu tambah stres terus bisa-bisa mati berdiri *just kidding..
Penelitian lain, hewan peliharaan juga bisa mengurangi rasa sakit pada penderita kanker, menurut dr. June McNicholas dari University of Warwick, perempuan yang punya kanker lebih sering mendapat dukungan dari peliharaannya daripada pasangannya.
Dan buat para kaum hawa yang takut dikritik pacarnya karena gendut, hewan peliharaan juga bisa bantu kalian buat diet, terutama anjing, karena hewan yang patuh itu akan membuat sang pemilik punya kesadaran buat ngajak dia jalan-jalan atau jogging.
Berjalan bisa membuat jantung berdetak 80-140 denyut per menit, peningkatan detak jantung membuat lebih banyak darah & oksigen dikirim ke otot jantung serta paru-paru. Dan sekedar jalan-jalan rutin juga bisa bakar lemak berlebih dalam tubuh.


So, sekarang tahu kan manfaat punya hewan peliharaan..
buat yang jadi anak kos (like me), bisa juga pelihara hewan, mulai hewan kecil aja, terutama yang perawatannya gampang juga biar gak stres karena tugas numpuk, selain itu bisa juga buat temen curhat pas sindrom galau melanda..
contohnya yang bisa dibawa ke kosan tanpa diceramahin ibu kos : burung, gecko, ular, hamster, kura-kura, kucing, anjing, monyet, kambing, sapi, gajah, badak..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar