Minggu, 11 Januari 2015

Merasa Kehilangan ?..

Hai fans.. lama banget ya ngga ngeblog, sampe diprotes sama kakak tingkat, temen di kampus segala hehehe
(NB : Fans dibaca Kipas angin)

    Okelah ini posting pertamaku abis move on dari tahun 2014. Jujur aja, sebenernya banyak banget yang mau aku posting sebelum-sebelumnya tapi ya gitu kegiatan kampus yang ga ada selesainya, kuliah pagi pulang sore dan di kosan tinggal capeknya doang, dan 1 hal yang bikin jarang banget ngeblog lagi, ngumpulin mood buat nulisnya, udah pada jatuh kececeran, ini aja mungutin satu-satu tuh mood.

     Sebenernya ini juga mau aku tulis dulu tapi baru kepikiran lagi sekarang. Posting kali ini aku mau bahas soal budaya (sok amat hehe). ya mungkin pas baca judulnya doang kebanyakan pasti mikir nih postingngan galau lagi.
    Kejadian pas bulan Desember lalu (lupa tanggal berapa), pas ada acara "Chocodays Surabaya". Awalnya diajakin temen ke salah satu mall di Surabaya, sebut saja mallnya mawar. Katanya sih ada event itu, ya mumpung ngga pulkam sekalian refreshing juga sekalian ketemu sama temen dari Malang yang katanya mau ke event itu juga. Awalnya ngga tau apaan sih tuh "Chocodays", ah bodo. ikutan aja daripada dikerubitin laler di kosan.
     Singkat cerita langsung berangkat kesana sendirian, ya mumpung mallnya gak jauh juga dari kosan (jadi ngga khawatir nyasar), bayangin 2 tahun di Surabaya, masih aja nyasaran, hmm. Udah di TKP langsung nyari temenku yang katanya udah dari jam 9 disana (aku kesana jam 12). Dan pas nyari, nyari, nyari akhirnya ketemu juga, dan apa ternyata eventnya, Cosplay. -_-.
    Jujur aja ngga munafik, akupun suka Jepang, maksudnya animenya (meskipun taunya cuma Naruto doang), kebudayaannya (ngga fanatik amat sih), musiknya (tapi lebih seneng dangdut hehe). Kalo di acara Cosplay gini aku ngga suka, alesannya :

1. Pusing liat orang rame, jalan-jalan pake wig warna-warni.
2. Banyak ngga ngerti karakter apa yang mereka cosplay in.
3. Ketemu sama spesies-spesies alay.
4. Banyak orang yang ngga jadi dirinya sendiri, alias ngepas-ngepasin biar mirip sama apa yang di cosplay, eh endingnya cuma maksain diri.
5. Kebanyakan bikin lupa sama budaya sendiri.

Nah, dari kelima poin diatas, yang mau aku bahas yang poin nomer 5. Why?
Dulu aku pernah liat acara di TV, yang isi acaranya wawancarain seputar hal-hal yang berbau kebangsaan, dan disitu pas di lokasi event cosplay di Jakarta,  presenternya tanya ke ke peserta cosplaynya, mereka disuruh nyebutin Pancasila. Dari 10an orang yang ditanyain yang bisa jawab cuma presenternya. *facepalm

Kenapa bisa kaya' gitu ?,
Kenapa pas ngapalin Jepang yang artinya ga tau sekali denger langsung hafal, tapi pas suruh nyebutin pancasila yang 12 tahun dari SD sampe SMA disebutin terus masih lupa sampe ngga tau?
Kenapa dengan bangganya make' baju-baju minim khas anime Jepang (ngga semuanya tapi kebanyakan) sambil jalan-jalan itu ngga malu, sedangkan pake batik katanya gatel -gatel ?
 

Kebanyakan juga, remaja jaman sekarang yang udah jadi penggilanya, ngga sadar kalo mereka masih aja dijajah, emang bukan dengan senjata melainkan dari kebudayaan mereka yang terkadang ngga bisa diterima sama kebudayaan banggsa ini.
    Bukan disini aja, di TVpun kita masih dijajah sama budaya bangsa lain. Ya emang sih sekarang acara TV Indonesia udah mirip kebun binatang aja, ada harimau lah, macan lah, serigala lah, gajah, jerapah, orang utan, landak mini, musang, iguana, gecko, mungkin ntar ada undur-undur juga. Yang notabennya ngga ada manfaatnya sama sekali selain ngajarin generasi yang lebih muda dari aku jadi alay (sok tua). Kenapa aku bilang di TVpun kita masih dijajah?, sekarang liat aja acara TV ada yang nayangin sejarah eh sejarah kerajaan India, ya awalnya sih cuma di 1 stasiun TV eh malah ngejamur, bukan film sejarahnya doang tapi sekarang udah nginjak sinetronnya juga. Kenapa ngga kepikiran ngangkat ceritanya Patih Gajah Mada, kan lebih Indonesia tuh. Yang film buat orang gede udah dijajah eh film kartun buat anak-anak juga Indonesia harus Import dari Rusia sama negara tetangga, parahnya lagi ditayangin masih ditayangin pake bahasa mereka, ya efeknya anak tetanggaku yang masih SD contoh deketnya, pas sekolah katanya kalo manggil guru bukan pake "pak" atau "bu" guru tapi "cekgu (gimanalah tulisannya ngga tau).
     Terus sampe kapan kita dijajah terus, katanya Indonesia udah 69 tahun mau 70 nih abis ini, fisiknya emang ngga kejajah, tapi pernah sadarkah kalo jiwa kita masih kejajah sama mereka?
Pernahkah sebentar kita mikir kalo budaya Indonesia itu lebih indah, sampe bangsa lain rela jauh-jauh kesini terus belajar lama budaya kita. contohnya lagi, kemaren pas liat TV ada orang asal Korea Selatan, negara yang notabennya bikin remaja bangsa ini masih dibutain sama kegantengan dan kecantikan hasil operasi mereka, malah ada satu dari warga sana yang udah lancar, hafal, dan fasih banget nyanyi dangdut, musik yang kalo aku puter pas kumpul selalu ada temen yang marah suruh marahin, disana mereka malah dengan bangga nyanyiin. Ada juga orang Australia yang udah jadi dalang yang rela ninggalin keluarganya 15 tahun demi belajar budaya kita itu.

    Dan pas budaya kita diklaim orang lain kita cuma bisa main otot tanpa mikir kebelakang kalo kita sendirilah yang ninggalin mereka, dan saat mereka jenuh dan ikut orang lain, kita cuma bisa nyalahin orang itu ?

Pernahkah kita merasa kehilangan "mereka" perlahan?
"Mereka (budaya)
Masihkah kita masih mempertahankan kebanggan kita terhadap budaya orang lain?


Tidak ada komentar:

Posting Komentar