Rabu, 10 September 2014

Antara Doa & Kesempatan..

   


  Pasti pernah denger istilah "kalau mau mewujudkan sesuatu kita harus berusaha dan berdoa". Ngga bisa komentar banyak sih soal istilah itu, soalnya tuh istilah emang udah bener. Cuman mau ngebahas dikit aja soal kata "doa"nya.
    Kenapa aku mau bahas soal bagian doanya ?, alasannya, makin maraknya status status di sosmed yang pada ngeluh sama apa yang mereka ingin. Kesannya bukan "Berdoa & Berusaha" malah jadi "Berdoa & Mengeluh". Dari beberapa persen temen sosmedku entah di BBM, Fb, Twitter, Path dan sespesiesnya.

"Tuhan, kenapa kau berikan cobaan seperti ini, sabarkanlah hamba"
"Ngga kuat rasanya kalau terus kaya' gini, berilah hamba kekuatan"
"jagalah hatinya untuk hamba, jangan pernah buka pintu hatinya untuk orang lain"

3 status "doa & keluhan" yang paling banyak nangkring di wall sosmed. Emang sih, Allah adalah tempat terbaik kita buat berkeluh kesah, tapi sadar ngga denga adanya cobaan itu, Allah juga menjawab doa itu. 

- Saat kita minta untuk lebih sabar, apa Allah ngasih kita sabar atau kesempatan untuk lebih sabar lewat cobaannya ?. Biasanya kita minta rasa sabar yang lebih, coba pikirkan kalau Allah ngga ngasih perubahan dalam hidupmu setelah kamu minta rasa sabar itu, perubahan disini maksudnya cobaan ntah itu suatu kehilangan, ataupun sesuatu yang tidak sesuai dengan keinginan. Pasti kita akan merasa sedih atau marah, disitulah Allah memberimu waktu untuk berfikir, disitulah kesabaranmu akan bertambah jika kamu sadar kalau cobaan tuhan datang untuk meningkatkan kesabaran kita.

- Saat kita minta keberanian, apa Allah ngasih kita berani atau kesempatan untuk lebih berani lewat semua rintangannya ?. Simplenya, saat kamu udah minta untuk lebih berani, Allah akan memberimu tantangan yang lebih berat, bukan untuk dihindari, tapi untuk dihadapi. Saat tantangan itu berhasil terlewat disitulah keberanian kita bertambah.

- Saat kita minta untuk saling setia, apa Allah ngasih rasa sayang atau kesempatan untuk lebih saling menyayangi ?. Saat kita mempunyai seseorang yang kita sayangi dan ingin menjadikannya  satu-satunya begitupun sebaliknya. Allah akan memberikan situasi dimana akan ada orang baru ataupun rasa jenuh pada pasangan itu. Saat kita berfikir dan bersabar, itu hanyalah salah satu cobaannya untuk menguji tingkat kesetiaan satu hati, apakah kita benar-benar mencintai pasangan kita dengan kekurangannya atau berpaling karena ada yang yang lebih baik.

Itulah cobaan, yang terkadang membuat kita mengeluh dan akhirnya berdoa untuk meminta pertolongan-Nya, tapi sebenarnya itulah jalan dimana Allah memberikan jawaban atas doamu. Kesempatan untuk menghadapi dan menjalaninya dengan ikhlas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar