Jumat, 14 Februari 2014

Palenten Dai ?..

14 Februari..
(kita refreshing bentar sama bencana yang ngelanda Indoneisa tadi)
pasti yang terpikir di benak para pemuda pemudi alay atau yang sekarang lagi ngetrend "cabe-cabean", pasti yang dipikirin tentang..


V.A.L.E.N.T.I.N.E

entah makanan khas mana tuh ?..
ya, valentine atau yang sering kita sebut hari kasih sayang. Hari dimana menurutku, hari cowok harus ngasih coklat ke ceweknya ataupun sebaliknya (tapi hampir 80% cowok sih). tapi ada yang aneh buat hari satu ini, masa' kita nyebutnya hari kasih sayang ?, berarti cuma ditanggal 14 Februari, kita diwajibin sayang-sayangan, terus besoknya kita berantem lagi, soalnya nggak ada kasih sayang ?.
1 dari 365 hari yang paling banyak memakan korban, yaaaa cuma pas tanggal 14 Februari itu, korbannya ya para kaum JONES (JOmblo ngeNES), korban perasaan lebih tepatnya. Mereka kebanyakan bilang nggak perlu, sampe anti ngeliat orang pacaran pas valentine day. Mungkin, meletusnya Gunung kelud kemaren tuh ulah para JONES yang ngeharepin biar orang Indonesia nggak ngerayain valentine day.

berlagak sok kuat dan anti cinta..

tapi jauh di daaaaaaalem banget lubuk hatinya..

tragis sekali memang, tapi nggak masalah nggak punya pacar bukan berarti kita nggak bisa nafas lagi.
ALL HAIL JONES !!..

hal lain yang bikin heran, sebenernya darimana sih kita (rakyat Indonesia), dapet tradisi ngeryaiin valentine day ?
perasaan selama ini dari mulai SD kelas 3 (kalau nggak salah), awal dapet pelajaran sejarah, sampe sekarang udah kuliah semester 4, nggak ada tuh ditulis di buku sejarah kalau Patih Gajah Mada dulu pernah ujan-ujanan, lari bela-belain bikinin patung buat pacarnya. Kalau nggak, ceritanya bung Karno yang nembak ceweknya sambil koar-koar didepan rakyat Indonesia yang lagi perang pas tanggal 14 Februari (biar dikira so sweet), perasaan dari jaman nenek moyang dulu nggak ada deh yang ngasih tradisi ngerayain valentine day, mereka malah sibuk perang demi kita sekarang. sampe ada lagu yang negesin kalau nenek moyang kita nggak pernah ngerayain valentine day.

nenek moyangku orang pelaut
gemar mengarung luas samudra

menerjang ombak tiada takut

menempuh badai sudah biasa

angin bertiup layar terkembang

ombak berdebur di tepi pantai
pemuda b'rani bangkit sekarang
ke laut kita beramai-ramai


mungkin sebagian dari kita udah lupa sama ni lagu. Orang sekarang anak kecil yang belum masuk SD aja yang didengerin udah "lumpuhan ingatanku-nya Geisha" terus parahnya pas disuruh nyanyi balonku atau burung kakak tua kebanyakan nggak mau malah sampe ada yang nangis. *facepalm

so, dari lirik diatas kita udah diperjelas kalau nenek moyang orang Indonesia dulu pelaut yang sibuk nyari sesuatu entah itu makanan, harta karun atau apalah di tengah laut, bukannya malah ngerayain valentine day. Coba deh bayangin kalau nenek moyang kita yang pelaut itu ngerayain valentine day, mungkin udah karam semua tuh kapalnya kena ombak, angin, sama badai. Mungkin kalau mereka dulu ngerayain, pas ada badai dateng, yang dipikir bukan gimana nyelametin kapalnya tapi gimana nembak ceweknya, dan akhirnya dia ilang ditelan laut sama kapal-kapalnya dan kita nggak akan tau kalau nenek moyang kita dulu seorang pelaut.

udalah sob, nggak usah terlalu dramatisir tanggal 14 Februari, biasa aja. Kalau nganggep hari ini hari kasih sayang, berarti besok kalau tonjok-tonjokan nggak masalah dong? toh udah nggak ada kasih sayang. 
hari kasih sayang tuh, jangan cuma dirayain pas 14 Februari aja, apalagi yang udah punya pacar. Hari ini sok-sokan romantis besok 15 Februari udah nyari selingkuhan *aarrrrgghhh guk.. guk..
coba deh ngerayain hari kasih sayang tuh tiap hari, nyayangi pasangan kita, ngehargai dia, merlakuin dia sepantesnya, nggak ngeduain, ngetigain, bahkan ngesebelasin dia, pokoknya gitulah, pasti damai deh. 


ya contohnya kaya' aku sama dia (Shena)
tiap hari kuhabisin waktu bareng dia, kemanapun aku
dia selalu ikut, nggak pernah saling cemburu, cuma dia yang
bisa ngertiin aku, pokoknya indah banget deh cerita kita T-T

and that's the real valentine day..

ngasih kasih sayang buat sodara-sodara kita di kelud dan sekitarnya. bukan berarti kita nembak para pengungsi di kelud, bukan, bukan gitu maksudnya. Maksudnya tuh kita ngasih pertolongan buat mereka disana, meskipun nggak bisa bantu berupa harta benda atau tenaga secara langsung minimal kita harus bantu mereka do'a, biar mereka semua kuat dikasih yang kuasa cobaan kaya' gini. Cause, itu bukan bencana mereka tapi bencana kita semua..



Tidak ada komentar:

Posting Komentar